Jumat, 04 November 2016

Tips Pengobatan Gondok Secara Alami dan Halal

Tips Pengobatan Gondok Secara Alami dan Halal

 


Penyakit gondok atau yang dalam istilah medis struma adalah pembesaran kelenjar gondok (tiroid), yaitu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan (depan leher). Penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun (hipertiroid). Gondok biasa tidak menimbulkan gejala yang serius, tetapi jika tidak diobati lama¬kelamaan akan menjadi gondok beracun. Terjadinya pembengkakan atau benjolan besar yang terdapat pada leher (pada tenggorokan) hal ini terjadi disebabkan oleh pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal. Meskipun penyakit gondok biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sebuah gondok yang besar dapat menyebabkan batuk dan membuat sulit bagi Anda untuk menelan atau bernafas.

Penyebab Penyakit Gondok :


Penyakit gondok disebabkan oleh ganguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu penyakit gondok juga terjadi karena kekurangan kadar yodium yang menyebabkan penyakit gondok bersifat endemik.

ada beberapa cara alami untuk mengobati penyakit yang satu ini, yakni dengan bahan alami seperti.

1. Sayuran kaya yodium
Kekuarangan Yodium merupakan penyebab utama yang mengakibatkan timbulnya penyakit gondongan ini, bahan utama untuk mengobati penyakit gondongan. Walaupun garam kaya akan yodium, jika mengkonsumsinya terlalu banyak maka kurang baik juga. Oleh sebab itu, konsumsilan sayuran yang banyak mengandung yodium.

2. Dandellion
Konsumsilah daun ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari, karena daun tersbeut dipercaya dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi dileher anda.

3. Nanas
Selain alternatif 2 di atas, ternyata buah nana juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan juga mencegah terjadinya penyakit gondong ini, karena buah nanas mengandung banyak yodium didalamnya.

4. Bawang putih
Sedikit orang yang tahu, kalau bawang putih sangat berfungsi untuk proses penyembuhan penyakit gondong. Karena bawang putih dapat merangsang produksi glutathione yang terdapat didalam tubuh, hal tersebut sangatlah penting sekali dimana dapat berfungsi untuk meningkatkan fungsi kelenjar tiroid.

5. Selada air
Salah satu sayuran yang didalamnya banyak mengandung yodium yakni selada air, maka sebab itu konsumsilah selada air ini ketika anda menderita penyakit gondong. Tak hanya menyembuhkan, namun selada air juga dapat mencegah terjadinya penyakit gondong ini.

Sebenarnya bukan hanya itu saja yang dapat mencegah dan juga menyembuhkan penyakit gondok tersebut, akan tetapi hindari juga makanan yang dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid misalnya saja seperti  kembang kol, kubis, bayam, brokoli, dan juga lobak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar